Kamis, 24 November 2011

Jenis Kapasitor

Berisi gambaran, informasi atau tutorial tentang berbagai jenis kapasitor yang berbeda berdasarkan konstruksi, spesifikasi dan parameter.

Bagian ini meliputi:
• Gambaran Ragam Jenis Kapasitor
• Penggunaan dan aplikasinya
• Kapasitor elektrolit
• Kapasitor Keramik
• Kapasitor Tantalum
• Kapasitor Polycarbonate
• Kapasitor Mika-Perak
• Kapasitor Dielektrik-Kaca
• Kapasitor Polistirene

Kapasitor adalah salah satu bentuk yang paling banyak digunakan sebagai komponen elektronik. Namun ada berbagai jenis kapasitor termasuk elektrolitik, keramik, tantalum, plastik, mika, dan banyak lagi. Setiap jenis kapasitor memiliki kelebihan dan kekurangan dapat digunakan dalam aplikasi yang berbeda.

Pemilihan jenis kapasitor yang benar adalah penting karena dapat memiliki dampak besar pada setiap sirkuit. Perbedaan antara berbagai jenis kapasitor dapat berarti bahwa sirkuit mungkin tidak bekerja dengan benar jika jenis yang tepat dari kapasitor tidak digunakan.

Karena itu ringkasan dari berbagai jenis kapasitor diberikan di bawah ini.

Jenis Kapasitor & Dielektrik


Meskipun semua kapasitor pada dasarnya bekerja dengan cara yang sama, perbedaan utama dalam pembuatan jenis kapasitor yang berbeda membuat perbedaan besar dalam sifat mereka.

Pemilihan jenis kapasitor yang berbeda dari Elemen utama kapasitor yang menimbulkan sifat-sifat yang berbeda dari berbagai jenis dielektrik kapasitor - bahan antara dua pelat. Konstanta dielektrik yang akan mengubah tingkat kapasitansi yang dapat dicapai dalam volume tertentu.

Beberapa jenis kapasitor dapat terpolarisasi, yaitu mereka hanya mentoleransi tegangan di antara mereka dalam satu arah. Jenis kapasitor lain adalah non-terpolarisasi dan dapat memiliki polaritas tegangan berbeda di antara mereka.

Biasanya jenis kapasitor diberi nama berdasar jenis dielektrik yang dikandungnya. Hal ini memberikan indikasi yang akan menunjukkan dari sifat-sifat umum mereka dan untuk fungsi sirkuit apa yang mereka dapat digunakan.

Sekilas jenis kapasitor yang berbeda


Ada berbagai jenis kapasitor yang dapat digunakan - sebagian besar jenis utama diuraikan di bawah ini:

Kapasitor keramik:  
Kapasitor keramik adalah jenis kapasitor yang digunakan dalam banyak aplikasi dari audio ke RF. Nilai berkisar dari beberapa picofarads sekitar 0,1 mikrofarad. Kapasitor keramik adalah jenis yang paling umum digunakan karena murah dan handal dan faktor kerugian mereka sangat rendah meskipun hal ini tergantung pada dielektrik yang digunakan. Mengingat sifat konstruksi mereka, kapasitor ini secara luas digunakan baik dalam format leaded dan surface mount.

Kapasitor elektrolitik:
Kapasitor elektrolit adalah jenis kapasitor yang terpolarisasi. Mereka mampu menawarkan nilai-nilai kapasitansi tinggi - biasanya diatas 1μF, dan yang paling banyak digunakan untuk aplikasi power supply--frekuensi rendah, decoupling dan aplikasi kopling audio mereka memiliki batas frekuensi sekitar 100 kHz.

Tantalum kapasitor:
Seperti kapasitor elektrolitik, kapasitor tantalum juga terpolarisasi dan menawarkan tingkat kapasitansi yang sangat tinggi untuk volume mereka. Namun jenis kapasitor yang sangat tidak toleran terhadap polaritas terbalik, sering meledak jika ditempatkan di bawah kondisi stres yang tinggi. Mereka juga tidak tahan pada riak-arus tinggi atau tegangan yang melebihi tegangan kerja mereka. Mereka tersedia dalam format leaded atau surface-mount.

Kapasitor mika-perak:
Kapasitor mika-perak tidak banyak digunakan akhir-akhir ini, tetapi mereka masih menawarkan tingkat stabilitas yang sangat tinggi, losses rendah dan akurasi dimana ruang tidak menjadi masalah. Mereka terutama digunakan untuk aplikasi RF dan dan terbatas pada nilai maksimal 1000 pF atau lebih.

Kapasitor Film-Polistirene:
Kapasitor Polistirena adalah bentuk kapasitor yang relatif murah tapi menawarkan toleransi dekat di mana diperlukan. Karena mereka dihasilkan berbentuk tabung --bentuk sandwich pelat / dielektrik yang digulung bersama-sama-- hal ini menambahkan induktansi membatasi respon frekuensi mereka ke beberapa ratus kHz. Mereka umumnya hanya tersedia sebagai komponen elektronik berbentuk leaded.

Kapasitor Film-Polyester: 
Kapasitor Film-Polyester digunakan di mana biaya adalah pertimbangan karena mereka tidak menawarkan toleransi yang tinggi. Banyak kapasitor polyester film yang memiliki toleransi 5% atau 10%, yang memadai untuk banyak aplikasi. Mereka umumnya hanya tersedia sebagai komponen elektronik bertimbal.

Kapasitor Metalized-Film-Polyester: 
Jenis kapasitor ini pada dasarnya suatu bentuk kapasitor polyester film berupa metalized-film. Keuntungan dari menggunakan proses ini adalah bahwa karena elektroda yang tipis, kapasitor secara keseluruhan dapat dibentuk dalam paket yang relatif kecil. Kapasitor poliester metallised film umumnya hanya tersedia sebagai komponen elektronik bertimbal.

Polycarbonate kapasitor:
Kapasitor polikarbonat telah digunakan dalam aplikasi di mana kehandalan dan kinerja yang kritis. Film polikarbonat sangat stabil dan memungkinkan kapasitor toleransi yang tinggi untuk dibuat yang nilai kapasitansinya akan terus tetap dari waktu ke waktu. Selain itu mereka memiliki faktor disipasi rendah, dan tetap stabil pada rentang temperatur yang luas, dari -55 ° C sampai +125 ° C. Namun pembuatan polikarbonat dielektrik telah berhenti dan produksi mereka sekarang sangat terbatas.

Kapasitor Polipropilene:
Polypropylene ini kadang-kadang digunakan ketika toleransi yang lebih tinggi diperlukan dari yang ditawarkan oleh kapasitor poliester. Seperti namanya, kapasitor ini menggunakan polypropylene film untuk dielektrik. Salah satu keuntungan dari kapasitor adalah sangat sedikit terjadi perubahan kapasitansi dengan waktu dan tegangan yang diterapkan. Mereka juga digunakan untuk frekuensi rendah, 100 kHz atau lebih sebagai batas atas. Mereka umumnya hanya tersedia sebagai komponen elektronik bertimbal.

Kapasitor Kaca:
Seperti namanya, jenis kapasitor menggunakan kaca sebagai dielektrik. Meskipun mahal, kapasitor ini menawarkan tingkat yang sangat tinggi atau kinerja dalam hal kerugian yang sangat rendah, kemampuan tinggi RF saat ini, tidak ada suara piezo-listrik dan fitur lain membuat mereka ideal untuk aplikasi RF berkinerja tinggi.

Kapasitor diatas adalah beberapa jenis utama dari kapasitor yang ada, walaupun ada juga jenis lain yang digunakan untuk aplikasi yang lebih khusus

Sumber: www.radio-electronics.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar